Manfaat Buah Delima

Delima adalah buah yang berasal dari daerah Mediterania dan telah tumbuh di sana selama ribuan tahun. Pohon delima dibawa ke Nusantara oleh bangsa Spanyol pada sekitar 1700 M. Satu buah delima mengandung sekitar 100 kalori.
Jus buah delima menurut penelitian baru menunjukkan bahwa minuman lezat dan sehat ini yang sarat dengan antioksidan juga mengurangi risiko disfungsi ereksi.

Manfaat lain buah delima antara lain digunakan untuk :
1. Penderita Kanker Payudara 
Delima kaya akan phytonutrient yang disebut asam ellagic, yang termasuk kelompok yang lebih besar dari senyawa yang dikenal sebagai ellagitannins. Senyawa ini dapat larut dalam air, sehingga membuat mereka mudah diserap oleh tubuh, ellagitannins (yang terkandung dalam buah-buahan seperti buah delima, raspberry, dan lain-lain), dipecah menjadi asam ellagic, glukosa, dan zat lainnya, memiliki kemampuan untuk "menekan produksi estrogen yang mencegah proliferasi sel-sel kanker payudara dan pertumbuhan tumor estrogen responsif." Asam ellagic yang terdapat dalam buah delima menghambat aromatase, enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen. Karena aromatase memainkan peran utama pada kanker payudara, kemampuan buah delima untuk menekan enzim ini berarti maka mereka memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara. 


2. Penderita Kanker Paru-paru 
Kanker paru-paru adalah termasuk penyakit mematikan, Selain disebabkan karena merokok, penyebab lain adalah asbes (langit-langit rumah dari asbes), gas alam radon, racun lingkungan dan keturunan genetik. Gejala awal kanker paru-paru dapat meliputi kelelahan, batuk terus-menerus dan nyeri dada. Selama penyakit berlangsung, tumor tumbuh di paru-paru dan pernapasan dapat menjadi sulit/sesak, terutama setelah berolahraga. 

3. Pencegahan Penyakit Alzheimer 
Buah Delima dapat mencegah dan memperlambat penyakit Alzheimer. Dengan mengkonsumsi buah delima polifenol yang terkandung dalam buah delima bisa mengurangi penyakit ini.

4. Diare 
Delima sebagai cara yang ampuh untuk menyembuhkan diare, penggunaan buah ini benar-benar menakjubkan sebagai cara alami untuk menghentikan diare, membantu mengatasi penyakit perut, dan menghentikan darah yang keluar bersama dengan tinja diare. Cara pengobatan diare dengan minum jus delima sekali sehari. hal ini benar-benar manjur untuk mencegah diare. Jus delima juga dapat menghambat peradangan, jadi ada baiknya untuk memasukkannya dalam menu makan sehari-hari Anda agar membantu mencegah masalah perut lainnya. Jus buah delima juga membantu bagi mereka yang mengalami rasa mual pagi hari, mual umum, dan untuk meningkatkan nafsu makan yang buruk.

5. Wanita Hamil 
Buah delima dan jus-nya, ataupun buah delima dalam bentuk ekstrak, serbuk, pil dan kapsul digunakan untuk obat. Buah delima / jus delima dapat menjadi cara sehat bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin selama masa kehamilan. Manfaat lainnya, Delima merupakan sumber serat, yang dapat menjaga perut Anda dan membantu mencegah wasir dan sembelit selama kehamilan. satu buah delima dapat menyediakan vitamin C sekitar 40 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, yang diperlukan untuk membantu mengembangkan tulang dan gigi bayi Anda. Delima juga memiliki sifat antioksidan dan bahkan dapat mengurangi tekanan darah. 

6. Sembelit 
Buah delima dianggap sebagai pencahar dan digunakan untuk mengobati sembelit. Ambil sekitar 100-200 gram di pagi dan sore hari. Ini membantu untuk meningkatkan gerakan peristaltik dari usus dan membantu untuk meringankan sembelit. 

7. Anemia 
Buah delima efisien dalam kasus anemia. Ini membantu untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah, karena kaya akan kandungan zat besi. Makan buah Delima sekitar 200gms di pagi hari dalam perut kosong. 

Catatan yang perlu diperhatikan adalah;

a. Delima mempengaruhi mereka yang memiliki tekanan darah. Hal ini dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah saat operasi. Berhenti mengambil delima minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan
b. Buah delima AMAN untuk ibu hamil dan menyusui. Jika Anda mengkonsumsi delima, ataupun dengan jus selama kehamilan atau menyusui. sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. 

Kandungan yang ada pada buah Delima
Mineral:
Gizi
Jumlah
DV%
Kalsium
28.2mg
3%
Besi
0.8mg
5%
Magnesium
33.8mg
8%
Fosfor
102mg
10%
Kalium
666mg
19%
Sodium
8.5mg
0%
Seng
1.0mg 
7%
Tembaga
0.4mg 
22%
Manggan
0.3mg
17%
Selenium
1.4mcg  
2%
Fluor
~
~

Kalori Informasi:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Kalori
234 (980 kJ)
12%
Karbohidrat
191 (800 kJ)
~
Lemak
27,6 (116 kJ) 
~
Protein
15,8 (66,2 kJ)
~
Alkohol
0,0 (0,0 kJ)
~

Sterol:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Kolesterol
0.0mg
0%
Pitosterol
~
~

Lemak & Asam Lemak:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Total Lemak
3.3g
5%
Lemak Jenuh
0.3g
2%
Lemak tak jenuh tunggal
0.3g
~
Lemak tak jenuh ganda
0.2g
~
Jumlah asam lemak trans
0.0g
~
Jumlah asam lemak trans-monoenoic
~
~
Jumlah asam lemak trans-polyenoic
~
~
Jumlah asam lemak Omega-3
~
~
Total asam lemak Omega-6
223mg
~












Vitamin:
Gizi
Jumlah
DV%
Vitamin A
0.0IU
0%
Vitamin C
28.8mg
48%
Vitamin D
~
~
Vitamin E (alphatocopherol)
1.7mg
8%
Vitamin K
46.2mcg
58%
Thiamin 
0.2mg
13%
Riboflavin
0,1 mg
9%
Niacin
0.8mg
4%
Vitamin B6
60.2mg
11%
Folat
107mcg
27%
Vitamin B12
120.0mcg
0%
Asam pantotenat
1.1mg
11%
Kolin
21.4mg
~
Betaine
~
~

Karbohidrat:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Jumlah Karbohidrat
52.7g
18%
Fiber Diet
11.3g
45%
Pati
~
~
Gula
38.5g
~

Protein & Asam Amino:
Nutrisi
Jumlah

DV%
Protein
4.7g
9%

Lainnya:
Nutrisi
Jumlah 
DV%
Alkohol
0.0g
~
Air
220g
~
Abu
1.5g
~
Kafein
0.0mg
~
Theobromine
0.0mg
~














2 comments:

  1. admin tau gak gimana cara budidaya buah delima, bisa ditanam dalam pot gak ya, makasih n lam kenal selalu,

    ReplyDelete
  2. Banyak manfaat buah delima, cuma sayangnya buah delima agak repot krn bijinya shg lama memakannya, padahal ia enak dan manis lho.

    ReplyDelete

Labels